(dari kiri ke kanan) Lorenzo, Rossi, dan Lin Jarvis

Bos Yamaha Sebut 3 Pebalap Calon Juara Dunia MotoGP 2013

BeritaSirkuit.com – Managing Director Yamaha Motor Racing Lin Jarvis berpendapat, akan ada 6 pebalap yang dapat bersaing memperebutkan podium di persaingan MotoGP musim ini. Namun, hanya ada 3 pebalap yang akan memperebutkan gelar juara dunia.

“Saya pikir tahun ini akan sangat, sangat seru. Tahun lalu ada 3 pebalap yang bersaing di atas, yakni Casey (Stoner), Dani (Pedrosa), dan Jorge (Lorenzo). Valentino (Rossi waktu itu) masih belum kompetitif. Tahun ini kita akan lihat, saya yakin Valentino akan berada di persaingan papan atas, Jorge juga akan di sana, dan Dani sudah pasti juga akan bergabung,” ujar Jarvis. Pebalap pemula Marc Marquez juga tak lupa disebutnya meski dinilai tidak akan bersaing memperebutkan gelar juara dunia musim ini.

“Selain hanya dua tim pabrikan saja, Honda dan Yamaha, ada 4 pebalap lagi yang akan bertarung memperebutkan podium di setiap balapan,” tambah pria asal Inggris itu. Jarvis memaparkan, terdapat pebalap Monster Yamaha Tech 3 Cal Crutchlow dan pebalap LCR Honda Stefan Bradl yang akan mengancam posisi podium.

Dari semua pebalap yang sudah disebutkan Jarvis tadi, ia merangkum, bahwa hanya akan ada tiga pebalap yang akan bersaing memperebutkan gelar juara tahun ini. Mereka adalah Rossi, Lorenzo, dan Pedrosa. Jarvis yakin, meski saat ini Rossi merupakan pebalap tertua di MotoGP (34 tahun), namun kehausannya akan gelar juara tak akan terbendung lagi.

“Saya pikir Valentino dari apa yang saya lihat di (sesi tes resmi) Sepang, memiliki motivasi yang tinggi untuk kembali dan menunjukan bahwa ia masih ada, masih mampu, dan ia ingin kembali memenangkan kejuaraan ini, mungkin untuk lebih dari sekali,” analisis Jarvis.

Ia juga salut dengan motivasi dan kecintaan Rossi terhadap olahraga ini. ‘The Doctor’ dulu pernah memiliki kesempatan untuk membalap di F1 bersama dengan tim unggulan. Namun Rossi menolaknya dan menetap di MotoGP. Bahkan, ketika Rossi telah terseok dengan Ducati selama 2 tahun, pebalap kelahiran Urbino itu masih menunjukan semangat dan motivasi yang tinggi. Setidaknya hal itulah yang dirasakan Jarvis.

Di luar Yamaha, Jarvis mengkonfirmasi bahwa Pedrosa akan menjadi ancaman terbesar, sedangkan Marquez tak diragukan lagi akan mencuri kemenangan di beberapa seri balap.

“Dani tahun lalu benar-benar kuat di paruh kedua musim. Akhirnya ia memenangkan balapan musim lalu lebih banyak dari siapapun, ia memenangkan 7 seri balap. Di beberapa musim sebelumnya, ia sudah luar biasa tetapi sekarang sudah memiliki banyak pengalaman dan konsistensi. Jadi sudah pasti ini akan menjadi ancaman utama kami,” ungkapnya.

Meski Marquez tak disebut dalam peta persaingan perebutan gelar juara dunia, namun Jarvis tetap melihatnya sebagai sebuah ancaman meski tidak sebesar Pedrosa. Menurutnya, Marquez masih minim pengalaman. Hal itulah yang harus membuatnya terlebih dahulu mempelajari persaingan dan atmosfir MotoGP ketimbang buru-buru mengejar gelar juara dunia. (BEN)

Sumber: Crash