MotoGP Akan Lakukan Uji Coba di Argentina Pada Juli Mendatang

MotoGP Akan Lakukan Uji Coba di Argentina Pada Juli Mendatang

BeritaSirkuit.com – MotoGP akan melakukan sebuah sesi tes di Argentina pada minggu pertama bulan Juli mendatang. Hal tersebut dilakukan dalam rangka salah satu persiapan Argentina untuk menggelar MotoGP musim depan.

Sirkuit yang akan digunakan adalah Argentina’s Circuito Internacional Termas de Rio Hondo. Peserta sesi tes akan terbang ke sana setelah GP Belanda di sirkuit Assen.

Selain melakukan sesi tes di sirkuit yang terletak di provinsi Santiago del Estero tersebut, para pebalap juga akan pergi ke ibukota negara, Buenos Aires, untuk melakukan konferensi pers.

Namun, tidak semua peserta MotoGP berpartisipasi dalam sesi tes tersebut. Melainkan hanya “beberapa perwakilan” dari kejuaraan – termasuk Honda, Ducati, dan Yamaha – yang akan berpartisipasi dalam uji coba resmi di Argentina. Hal tersebut dinyatakan dalam pernyataan resmi Dorna Sports.

Program tersebut akan berlangsung selama lima hari – sudah termasuk dua hari sesi pengetesan di sirkuit.

Argentina terakhir kali menyelenggarakan MotoGP pada tahun 1999. Argentina sebenarnya telah dijadwalkan akan masuk dalam kalender balap MotoGP musim ini. Namun hal tersebut ditunda karena kebijakan pemerintah Spanyol yang menyatakan setiap pebalap atau tim yang disponsori oleh Repsol untuk tidak melakukan perjalanan ke Argentina dengan alasan keamanan. Namun peringatan tersebut kini telah dicabut.

Hubungan Spanyol dan Argentina sempat menegang dengan adanya kasus perusahaan minyak asal Spanyol – Repsol – di Argentina tahun lalu.

MotoGP terakhir kali menggelar balap di benua Amerika Selatan pada tahun 2004 di Brasil, sirkuit Rio de Janeiro. Kini sirkuit tersebut telah dihancurkan karena lokasinya akan digunakan untuk jalan akses menuju stadion olimpiade Brasil 2016. (BEN)

Sumber: Crash