Sejumlah Ketidakpastian Hantui Ducati Jelang Balapan Pembuka

Sejumlah Ketidakpastian Hantui Ducati Jelang Balapan Pembuka

BeritaSirkuit.com – Pebalap baru Ducati Andrea Dovizioso terpaksa harus mengawali balap perdananya bersama tim asal Borgo Panigale dengan sejumlah ketidakpastian. Padahal, balapan pembuka MotoGP musim 2013 akan dimulai akhir pekan ini.

Salah satu masalah yang belum terselesaikan oleh tim Ducati selama sesi tes resmi yang lalu adalah soal ketahanan ban. Pasalnya, Dovizioso tidak sempat melakukan sebuah simulasi balap selama sesi tes resmi berlangsung.

“Sungguh disayangkan kami tak sempat melakukan simulasi balap di sesi tes, jadi mengenai umur ban masih menjadi pertanyaan buatku,” ujar Dovizioso seperti dikutip Crash.

Dovizioso dan rekan timnya Nicky Hayden, hingga saat ini masih mengandalkan Desmosedici yang tak jauh berbeda dari versi tahun lalu (milik Valentino Rossi). Meski demikian, sejumlah perubahan setup sedang direncanakan namun terhalang oleh cuaca buruk yang mendera sepanjang sesi tes resmi di Jerez beberapa waktu lalu.

“Sayangnya kami tidak dapat menyelesaikan program kami di Jerez, karena cuaca yang buruk. Sekarang kami menuju ke Qatar, di sana kami akan mencoba beberapa hal untuk menyelesaikan setup,” kata manajer tim Vittoriano Guareschi.

“Ini akan menjadi aneh ketika balapan di kondisi yang unik, seperti kasus di Qatar (malam hari). Kami harap anginnya tidak menjadi masalah besar dan tim kami bekerja dengan baik. Dulu kami pernah memiliki hasil yang sangat baik di sirkuit ini, jadi trek Qatar bukan merupakan sebuah momok bagi kami,” pungkas Guareschi.

“Kami telah membuat beberapa langkah selama musim dingin, dan motor kami telah berkembang di setiap sesi tes. Jadi kami berharap dapat membuat langkah lebih jauh lagi di Qatar. Performa Andrea sudah cukup baik di sirkuit ini; ia memiliki sebuah balapan yang bagus di sini pada debutnya di MotoGP dengan finis di posisi empat, dan kami akan senang jika kami dapat kembali mengulangnya,” tambahnya.

“Nicky juga menyukai trek itu dan cukup baik di sana. Tetapi kami akan mencoba daya tahan ban hingga batas akhir. Kami masih memiliki beberapa tanda tanya, namun bagaimanapun juga kami optimis,” tutup Guareschi.

Meski didera beberapa ketidakpastian, Dovizioso mengaku optimis di Qatar. Ia menilai, kekuatan Ducati dapat benar-benar dimanfaatkan di sirkuit tersebut. (BEN)

Sumber: Crash