Ini Komentar Rossi Soal Seamless Shift Gearbox Yamaha

Ini Komentar Rossi Soal Seamless Shift Gearbox Yamaha

BeritaSirkuit.com – Pebalap Yamaha Valentino Rossi sempat menjajal sistem perseneling tanpa jeda (seamless shift gearbox atau biasa disebut ‘SSG’) anyar Yamaha di sesi tes Brno, pekan lalu. Apa komentarnya?

Yamaha sendiri tidak membeberkan informasi lengkap terkait dengan sesi tes yang juga diikuti oleh Jorge Lorenzo tersebut. Bahkan, catatan waktu dan jumlah putaran dari kedua pebalapnya saja tidak dipublikasikan. Terlebih lagi, Yamaha masih belum memutuskan kapan SSG anyarnya akan segera digunakan.

Meski pihak Yamaha tak mengeluarkan pernyataan resmi mengenai SSG-nya, namun Rossi sendiri sempat memberikan sedikit komentarnya di sesi konferensi pers jelang GP Indianapolis, kemarin (Kamis, 15/8/2013).

“Bagiku, hanya untuk satu putaran saja (SSG) tidak berpengaruh pada catatan waktu,” Rossi mengawali.

“Kami mencoba untuk membuat beberapa perbandingan. Saya pikir perkembangan terbesarnya terasa setelah 20 atau 30 putaran karena motornya menjadi semakin mudah dikendarai, lebih stabil dalam akselerasi maupun pengereman, ditambah lagi tekanan yang lebih sedikit terhadap bannya dan itu sangat bagus bagi pebalap karena motornya semakin mudah digeber habis-habisan dan mengurangi potensi terjadi kesalahan (terjatuh),” ujar ‘The Doctor’.

Secara umum, peraih sembilan gelar juara dunia itu memberikan kesan positif terhadap SSG anyar tersebut. Lebih lanjut Rossi mengatakan, dirinya dan Lorenzo sedang mendorong Yamaha agar segera menggunakan peranti tersebut sesegera mungkin.

“Perasaannya fantastis. Rasa sungguh luar biasa saat berkendara dengan perseneling itu dan akselerasinya sangat baik. Saya tak tahu kapan kami bisa menggunakannya, namun Jorge dan saya sedang mengusahakannya karena itu sangat bagus,” pungkasnya.

Yamaha sepertinya tak mau terburu-buru dalam menggunakan SSG hingga benar-benar memiliki kesiapan baik secara teknis dan keamanan. Namun Yamaha harus gerak cepat mengingat Honda yang sudah lebih dulu menggunakan sistem tersebut dan terbukti unggul dalam akselerasi dibanding Yamaha. Jika ingin mengejar ketertinggalannya dengan Honda, Yamaha harus bisa cepat memenuhi permintaan Rossi dan Lorenzo. (BEN)

Foto: MotoGP

Komentar Anda

Komentar